Barang Rongsokan Dibuat Jadi Sepeda Minion Berkonsep Kemerdekaan

Tren bersepeda yang sedang meningkat di kalangan orang Indonesia menjadi berkah tersendiri bagi Muhammad As’ari yang bermukim di Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pemuda yang berstatus mahasiswa ini berinisiatif menyulap barang rongsokan menjadi sepeda minion berkonsep kemerdekaan untuk menyambut peringatan 17 agustus 1945.

“Karena kita akan menyambut HUT Indonesia yang ke-75 tahun, jadi saya termotivasi membuat sepeda minion yang berkonsep hari kemerdekaan”, ucap Muhammad As’ari.

Kerangka sepeda rongsokan yang dibelinya senilai 70 ribu rupiah oleh pengepul barang bekas. Dalam proses daur ulang, kerangka sepeda rongsokan ini terlebih dulu dibersihkan dari karat dan bekas cat hingga benar-benar bersih. Usai dibersihkan, kerangka sepeda bekas ini disemprot cat dengan warna sesuai keinginan.

Kendati demikian, penyemprotan cat warna juga tidak sembarangan, kerangka sepeda bekas ini terlebih dulu disemprot epoxy atau cat dasar, kemudian dikeringkan hingga 15 menit setelah dilakukan pengamplasan agar permukaan badan sepeda lebih halus, dan dilanjutkan lagi dengan cat warna.

Agar warna sepeda makin ciamik kerangka sepeda yang sudah dicat dan dipasangi stiker, terlebih dulu dilakukan pengclearan dengan menyemprot clear blinken ke badan sepeda. Berkat keuletan dan ketekunannya, Muhammad As’ari berhasil memiliki usaha kreatif dari himpitan ekonomi di tengah pandemi lantaran usahanya sebagai pemilik bengkel motor kian sepi.

Baca Juga  Konser Pekarangan Hibur Komunitas di Masa Pandemi