Tim KOPMA UTY Juara 1 National Cooperative Competition 2017

kopma uty juara 1

Tim Mahasiswa yang tergabung dalam Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali berprestasi dalam ajang kompetisi bidang koperasi. Kali ini berhasil menjadi juara 1 pada National Cooperative Competition (NCC) 2017, yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), pada hari Sabtu-Minggu, 2-3 Desember 2017.

Ketua tim Kopma UTY, Fatoni menuturkan bahwa kompetisi yang bertajuk “Langkah bersinergi generasi cerdas untuk Indonesia emas” tersebut diikuti oleh 42 team yang merupakan delegasi dari 36 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Fatoni menyampaikan, kompetisi tersebut terbagi dalam  tiga babak. Pada babak 1 seluruh tim peserta diberi soal yang sama, yang berjumlah 50 soal, terdiri 20 pilihan ganda, 15 uraian singkat, 15 soal pilihan benar salah.  Pada babak 1 tersebut dipilih 10 besar. Pada babak 2, sepuluh team yang terpilih diberi satu soal on the spot, untuk mempresentasikan dengan durasi diskusi 4 menit, dan presentasi 6 menit.

Dalam babak 2 tersebut tim mahasiswa UTY diberi soal tentang bagaimana pendapat tim, tentang pengembalian atau diberlakukannya kembali Undang-undang no 25 tahun 1992, menggantikan Undang-undang no 17 tahun 2012 tentang koperasi. Mendapati soal tersebut Fatoni menceritakan pendapatnya, bahwa secara pribadi ia sangat setuju untuk diberlakukannya kembali Undang-Undang no 25 tahun 1992 tentang Pekoperasian, menggantikan Undang-Undang  nomer 17 tahun 2012. Menurutnya UU nomer 25 tahun 1992,  lebih berpihak pada masyarakat secara umum. Sehingga sesuai dengan UUD 1945.  Sedangkan UU no 17 tahun 2012, secara konsep mengarah kepada ekonomi pasar dan cenderung liberal dengan keberpihakan kepada pemilik modal.

Dari seleksi babak 2 diambil 5 besar untuk dikompetisikan pada babak 3(final). Kelima tim finalis selanjutnya dikompetisikan dengan soal wajib, soal lemparan dan soal rebutan. Setelah melalui tiga babak tersebut Fatoni bersyukur dapat menjadi juara 1. Adapun juara 2-5 Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung) dan IAIN Salatiga.

Saat ditanya tentang keaktifan di Kopma dan seringnya mengikuti berbagai even lomba, Fatoni menyampaikan bahwa keikutsertaan dalam kegiatan Kopma telah memberinya banyak manfaat. Dipercaya sebagai bagian akuntansi di Kopma UTY, Fatoni merasa bersyukur dapat mengimplementasikan ilmu akuntansi yang diperoleh di bangku kuliah. Selain itu juga bisa berkumpul dengan teman-teman yang memiliki motivasi besar untuk maju. Sedangkan keikutsertaan dalam berbagai even lomba telah memberinya pengalaman, rasa percya diri, networking dengan berbagai kalangan dan teman-teman mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Drs. Surya Darmawan, MM Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menyampaikan bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kopma UTY merupakan koperasi yang telah berjalan sangat baik. Selain unit bisnisnya berjalan secara baik, berbagai prestasi telah ditorehkan oleh Kopma UTY. Diantaranya 5 kali berturut-turut dalam lima tahun terakhir ini, menjadi juara Lomba Tangkas Trampil Koperasi se-Kota Yogyakarta, dan dua kali juara di Tingkat Propinsi DIY. Kopma UTY juga sering dipilih menjadi tempat studi banding dari Kopma-kopma baik dari DIY maupun luar DIY. Diantaranya yang akan mengadakan kunjungan awal tahun 2018, dari UIN Malang, dan Universitas Pasundan Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *